Wisata Belitung

Belitung Masuk dalam Jajaran Wisata Karya Sastra Dunia

Tahukah Cakap People bahwa berwisata tidak melulu melulu mengenai pantai atau perbukitan yang indah? Di Indonesia sendiri, anda punya ratusan jenis lokasi wisata yang punya keanehan masing-masing. Salah satunya yang barangkali sangat jarang dilirik orang ialah Wisata Karya Sastra atau Literasi. Obyek wisata jenis ini ternyata terdapat di Indonesia juga, yakni suatu museum di Pulau Belitung. Mengapa tidak terkenal? Karena jenis obyek wisata ini mempunyai pasar penggemar yang paling khusus, dan tidak seluruh orang tertarik guna mendatanginya. Nah, namun kita pun patut berbangga sebab Museum Karya Sastra yang terdapat di Belitung ini masuk jajaran Wisata Karya Sastra terbaik, bersanding dengan obyek serupa dari semua dunia.

Koleksi di Museum Kata Andrea Hirata

Di Hari Buku Dunia pada 23 April 2019, Agoda merilis jajaran tujuan wisata sastra dunia. Dalam barisan tersebut, Agoda menanam Pulau Belitung di Indonesia dalam peringkat ketiga wisata sastra dunia. Kita tahu bahwa pariwisata Belitung dalam satu dasawarsa terakhir memang paling digenjot? Pengelola wisata Belitung di wilayah dan selevel Kementerian Pariwisata pun mengolah tidak sedikit jenis obyek wisata di Belitung menjadi tujuan yang unik. Dari Pulau Belitung, kita dapat mengunjungi sekian banyak macam Pantai dan kecantikan Pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Di samping itu, wisatawan pun bisa berangjangsana ke perkotaan yang kaya bakal kuliner khas Belitong. Ada juga sejumlah tempat wisata unik, mulai dari Museum Kata Andrea Hirata, Sekolah Gantong Laskar Pelangi, dan lainnya.

Berita Terkait : Paket Tour Belitung, Wisata Baru Belitung

Dari Belitung, dunia mengenal seorang pahlawan sastra mempunyai nama Andrea Hirata. Andrea Hirata ialah sastrawan Indoensia asal Belitung yang punya segudang karya sastra yang dikenal hingga ke tidak sedikit negara. Salah satu yang dikenal sampai sekarang ialah Laskar Pelangi, suatu seri yang mengisahkan kehidupan masyarakat Gantong di Belitung yang berkutat dengan kehidupan pertambangan, berikut pun kesenjangan sosial antara orang kaya dan kurang mampu di Pulau Belitung ini. Andrea Hirata pun mengusung kisah berlatar pendidikan, yang memotivasi orang guna terus berjuang mengejar mimpinya.

Museum Kata Andrea Hirata

Tidak melulu dikenal dalam tulisan, kisah yang terdapat dalam seri Laskar Pelangi dilimpahkan dalam replika Sekolah Muhammadiah Gantong, yang sampai sekarang menjadi di antara obyek wisata tumpuan di Belitung. Ada pun yang dikenal sebagai di antara obyek wisata sasta terbaik dunia, Museum Kata Andrea Hirata, yang sarat dengan warna. Museum ini berupaya menginspirasi semua pengunjung, guna mengejar khayalan mereka. Museum Kata Andrea Hirata dimulai sejak tahun 2010 lalu.

Beberapa area di Dunia yang masuk dalam jajaran Wisata Karya Sastra Dunia di samping Belitung di Indonesia, ada pun Kobe di Jepang, Camarines Norte di Filipina, New York di Jepang, Aracataca di Kolombia, Edinburgh di Skotlandia, Florence di Italia, Istanbul di Turki, dan Dubai di Uni Emirat Arab. Kesemuanya punya lokasi khusus guna mengapresiasi sastrawan dan karya sastra dunia, yang asalnya dari kota tersebut. Keren ya!

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply