Wisata Belitung

Pengen Liburan Hemat Bersama Keluarga ke Belitung? Ikuti 4 Tips Jitu Berikut

Assalamualaikum Sahabats ….

Liat tanggal merah betebaran di kalender tersebut sesuatu banget ya sahabats? Rasanya pengen buru-buru booking tiket terus traveling kemana gitu? Buat sahabats yang masih belum terdapat rencana atau bingung menilai destinasi traveling bersama keluarga tahun ini, jajaki deh pertimbangkan Belitung. Iya, Pulau Belitung yang ngehits berkat novel Laskar Pelangi tersebut lho. Pulau kecil nan estetis memesona plus kulinernya yang enyaak ini dapat dijelajahi dalam masa-masa singkat dan budget yang cukup murah. 🙂

Merencanakan liburan ke Belitung tersebut sebenarnya nggak terlalu sulit kok, menilik luas pulaunya yang memang nggak terlampau besar. Bahkan bila pun kita melulu punya waktu ketika weekend, udah lumayan lah guna mengeksplor sejumlah spot wisata yang ngehits di sana.

Terus kalo liburannya sama family mahal nggak? Well … tersebut sih tergantung teknik liburan anda aja. Kalau inginkan nginpenya di hotel bintang 5 ya tentu lah perlu budget yang besar. Tapi bila mau liburan ala backpacker laksana aku dan keluarga dapat kok. Aku untuk deh tips nya agar sahabats juga dapat merancang dari kini acara liburan family ke Belitung yaks. 🙂

Berburu Tiket Murah ke Belitung
Ada gitu tiket murah ke Belitung? Ada lah! Makanya rajin-rajin lah buka website maskapai atau website booking online. Siapa tau pas buka website pas lagi terdapat penawaran tiket murah. Seperti yang aku alami iseng periksa harga tiket dan ketemu lah promo Sriwijaya Air Jakarta – Belitung. Nggak pake mikir panjang, langsung aja booking (dan lantas kirimkan tagihan ke pak suami wkwkwkwk)

Aku ambil penerbangan kesatu sebab memang sangat murah. Berangkat dari Jakarta jam 06.00 dan satu jam lantas sampai lah kami di Belitung. Iya hanya satu jam penerbangan aja. Repot dan susah tidak banyak demi tiket murah mah telah biasa lah ya?? Oya seringkali kalau pesan dari jauh hari harga bakal lebih murah lho. Makanya segera susun rencana dan booking tiketnya ya.

  1. Booking Hotel Sejak Dini

Tiket pesawat telah di tangan, saatnya cari hotel. Sebagai tujuan wisata belitung yang lumayan nge hits kini sudah tidak sedikit hotel di Belitung. Dari mulai yang sekelas Aston hingga hotel ala backpacker, bermukim sesuaikan dengan budget ajah. Aku sendiri menginap di Bahamas Hotel, rate nya selama 600.000 ribuan deh. Usahakan cari hotel yang dapat very early check in ya sahabats terutama bila memilih berangkat dengan first flight kaya aku ini. Begitu tiba di bandara H.AS. Hanandjoeddin, langsung aja mengarah ke hotel guna check in, taruh barang bawaan, dan langsung mulai acara jalan-jalan kita. 🙂

The Bahamas Hotel, Belitung

Tanjung Tinggi Beach. Belitung

  1. Sewa Mobil atau Motor

Salah satu tantangan liburan di Indonesianya tuh minim moda transportasi umum deh. Seperti pun di Belitung yang jadi destinasi tumpuan Indonesia namun nggak punya transportasi umum. Nggak ada opsi lain di samping sewa mobil belitung atau motor. Sayangnya kontak aku udah ilang. Coba googling aja guna sewa mobil atau motor, insyaallah ketemu. usahakan sahabats mencarter mobil atau motor sebelum kedatangan, jadi begitu hingga di Belitung udah nggak pake acara bingung lagi. Biaya sewa selama Rp. 500.000 (tergantung jenis mobilnya pun ya), sementara untuk motor 80.000/ hari.

Nggak perlu cemas atau fobia untuk jalan sendiri tanpa travel agent di Belitung ini sebab sebenernya lokasi wisata Belitung yang top terdapat di wilayah Gantung dan Manggar guna wisata Laskar Pelangi (replika SD Muhammadiyah dan Museum Kata), dan Tanjung Pandan.

Jangan tak sempat buat penyuka kopi guna mampir ke kedai-kedai kopi yang terdapat di wilayah Manggar guna nyobain kopi khas Manggar yah. 🙂

Museum Kata, Belitung

  1. Mau Island Hopping? Bisa!

Di selama Belitung tidak sedikit pulau-pulau kecil yang keceh jadi agendakan guna island hopping yah. Kalau cemas kesasar dapat menanyakan ke reseptionis hotel informasin seputar island hopping. Atau dapat langsung aja sahabats mengarah ke Tanjung Pandan, di Belitung Barat. Island hopping seringkali dimulai di Pantai Tanjung Kelayang. Disana nanti telah ada kapal yang dapat disewa menyeluruh dengan pelampung dan perangkat snorkling. bila inginkan diving silakan sewa peralatannya sekalian. Biaya sewa kapal selama 400.000.

Pulau Lengkuas, di antara tujuan island hopping

Jadi ayo kita rekap dulu deh berapa budget yang mesti dikeluarkan ya

Tiket pesawat : 3 x 400.000 : 1.200.000

Hotel : 600.000/ night

Sewa motor : 80.000/hari (anggaplah anda sewa 2 hari ya, jadi totalnya 160.000)

Sewa kapal guna island hopping : 400.000

Makan : 200.000/hari ( 2 hari jadi 400.000)

Tuuh kaan bener, bila di total budget yang mesti anda siapkan selama 2.760.000, plus ongkos buat melakukan pembelian barang oleh-oleh, boleh lah digenapkan jadi 3.000.000. Muuraaaaahhh kaaaannn???

Gih buruan booking tiket ke Belitung.

Happy traveling. 🙂

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply