Wisata Belitung

Pesona Belitung, Pulau Cantik bak Surga di Sumatera

Pulau Belitung sudah dinyatakan dunia mempunyai panorama yang amat cantik. Banyak wisatawan membidik pulau ini untuk tempat liburan. Pesonanya benar-benar memukau!

Pulau Belitung untuk saya ialah Pulau yang paling indah, pantai yang ada disanapun dapat dibilang masih paling bersih dan belum tidak sedikit terjamah oleh tidak sedikit tangan, pulau ini juga belum terkomersilkan secara pariwisata, saat saya traveling dulu kesana, guna masuk ke pantai atau masuk ke pulaupun tidak terdapat pungutan retribusi atau biaya, bahkan parkir dan kamar mandipun masih gratis.

Pulau Belitung terbagi menjadi dua bagian yakni Belitung Barat dan Belitung Timur, saat tersebut kita menyimpulkan menginap di Belitung Barat, sebab kami kesana berniat backpacker jadilah menginap melulu di penginapan dengan harga RP 150rb/malam, dengan lama traveling yakni 4 hari 3 malam, guna mengexplore keindahan Belitung, kami mencarter sepeda motor Rp 50rb/hari.

Keindahan Belitung Barat yang dapat anda kunjungi ialah Pantai Tanjung Tinggi atau biasa dijuluki Pantai Laskar Pelangi, Pantai Tanjung Pendam untuk merasakan Sunset, Pantai Tanjung Kelayang ialah pantai yang ada pulau-pulau cantik yang tersembunyi di dalamnya, dan daya tarik Danau Kaolin dengan warna biru toska.

Perjalanan kami pada hari kesatu dibuka dengan merasakan keindahan Pantai tanjung Tinggi dan merasakan Sunset di Pantai Tanjung Pendam, perjalan mengarah ke Pantai Tanjung Tinggi ditempuh dengan waktu tidak cukup lebih 1 jam dengan memakai sepeda motor dari penginapan, disini tidak terdapat macet sama sekali guys, bahkan ketika aku kesana lihat depan belakang gak terdapat kendaraan yang melaju di samping motor kita.

Tahu tidak guys? Akhirnya saya percaya iklan komeng yang bibirnya sampe bergetar sebab terkena angin saking kencengnya motor melaju, sebab pada saat tersebut suami saya berani ngebut, jalanan serasa kepunyaan berdua.

Pantai Tanjung Tinggi sendiri ialah pantai dengan air yang bening berwarna hijau kebiruan, berpasir putih dengan gugusan batu-batu besar dan tinggi, sayang saat kita ke sana mendung, jadi tidak cukup dapet view yang ok.

Setelah puas bermain-main di sini anda lanjutkan merasakan sunset di Pantai Tanjung Pendam. Pantai ini dekat dengan penginapan anda yang melulu memakan masa-masa 10 menit saja guna sampai ke sana.

Perjalan hari kedua kami ialah keliling-keliling pulau. Nah guna keliling-keliling pulau yang cantik dan tersembunyi ini anda harus naik perahu dari Pantai Tanjung Kelayang. Bagi sewa perahunya sendiri dikenakan ongkos sebesar Rp 450 ribu/perahu untuk merasakan keindahan pulau-pulau yang tersembunyi, yang sangat terkenal ialah Pulau Lengkuas sebab adanya Mercusuar 18 lantai di sana, dan saya dan anda bisa melihat hamparan laut dari atas elevasi dengan naik ke puncak Mercusuar tersebut.

Ada pula Pulau Pasir dan Pulau Batu Berlayar yang dapat dinikmati ketika suasana air sedang surut, sayang sebab saya kesana bulan desember dan cuaca lagi musim hujan, jadilah suasana lautnya pasang terus, alhasil tidak bisa meinkmati keelokan pulau situ, dan melulu numpang lewat seraya dadah-dadah doang, kecil hati sih, namun ini jadi salah satu semangat untuk berangjangsana kesana lagi ketika cuaca sedang kemarau supaya dapat melihat keelokan pulau itu..

Jangan tak sempat snorekeling pun ya bila sudah keliling pulaunya, karena bila tidak tentu nyesel gak dapat menikmati keindahan bawah laut yang paling indah, sayangnya dulu belum punya kamera go pro, jadi gak dapat motret suasana dibawah airnya, hiksss, sebenarnya cantik sekali, nah berlalu snorkeling nanti kita disuruh ke Pulau Kepayang guna berganti baju dan memenuhi amunisi, abis main air tentu laper dong iya kan? Pulau ini familiar dengan penangkaran penyu nya, tidak boleh lupa beli pisang goreng disini ya, dijamiiinn tentu ketagihan.

Setelah pulang dari keliling pulau, kita mengarah ke Bukit Berahu, disini terdapat penginapannya pun dengan view langsung mengarah ke pantai, dan dapat makan pun di restaurantnya..

Hari ketiga perjalan kami ialah untuk mengexplore Belitung Timur, Belitung Timur sendiri pun terkenal di Film Laskar Pelangi, sebab sd yang terdapat di film tersebut ada di Belitung Timur, perjalanan kami dari penginapan mengarah ke Belitung Timur di tempuh dalam waktu tidak cukup lebih 2 jam, lokasi apa saja yang dapat kita kunjungi disini? terdapat SD Muhammadiyah Gantong yang menjadi tempat syuting film Laskar Pelangi, terdapat Museum Kata Andrea Hirata, terdapat Kelenteng Dewi Kuan In, Kampung Ahok, Pantai Nyiur Melambai, dan Restaurant Fega.

Artikel Terkait : Wisata Murah Belitung, Agent Travel Belitung, dan Paket Tour Belitung

Sudah jelas tempat yang akan anda tuju kesatu kalinya ialah SD Muhammadiyah, oh ya jalanan mengarah ke kesana masih sepi juga, masih tidak sedikit rawa di pinggir-pinggir jalan, dan sebelum berangkat anda dikasih tau sama pihak penginapan, nanti bila mau berhenti di jalan tidak boleh mepet ke pinggirnya ya, rawan katanya, ternyata yang di film terdapat buaya tersebut bukan cuma kisah tapi tersebut aseli sebab masih tidak sedikit banget rawa disini, SD nya telah tidak beroperasi lagi ya guys, cuma dipakai untuk lokasi wisata saja, foto-foto deng puas-puasin.

Mari anda lanjutkan perjalanan berikutnya yakni ke Museum Kata Andrea Hirata, wahhh Museum nya bagus sekali sebab gak laksana museum-museum pada umumnya, gak ngebosenin deh museum ini, lagipula banyak spot potret yang unik buat dapet potret bagus disini.

Kemudian mampir sebentar ke dusun Ahok, gak terdapat apa-apa sih di sini, dan gak sempet foto-foto juga, sebab cuma terdapat rumahnya pak Ahok dan sentra oleh-oleh doang, jadi anda lanjutkan ke tujuan berikutnya saja.

Kelenteng Dewi Kuan In, lokasi ini ialah tempat ibadah yang dijadikan lokasi wisata sebab pemandangannya yang lumayan indah, berada diatas bukit, dengan pepohonan yang rindang, namun aku gak naik hingga keatasnya, hanya foto-foto dibagian bawah saja, heheh..

Tak lupa mendatangi pantainya pun yang berapa di Belitung Timur, yakni Pantai Nyiur Melambai, pantai ini bersih pun tapi bila menurut keterangan dari saya masih kalah cantik dengan daya tarik pantai di Belitung Barat, tapi lumayan menyenangkan pun berada disini, dapat sambil main ayunan, duduk-duduk ditepi pantai seraya jajan-jajan.

Destinasi terakhir guna hari ini ialah Restaurant Fega, disini tidak melulu makanannya saja yang enak loh, namun tempatnya pun sangat unik dan bagus guna foto-foto, rumah santap dengan gaya unik.

Belitung Tour
https://www.belitungtournusantara.net
Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply