Wisata Belitung

Belitung, Pulau Seribu Batu Pantai

Pulau ini jadi paling populer berkat film Laskar Pelangi. Pantainya sangat estetis dan unik, pasir putih, air jernih dengan dengan hamparan bebatuan besar.

Pulau Belitung ialah bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Daerah kepulauan ini familiar sebagai penghasil timah, lada putih, pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Pulau ini didiami beberapa besar warga bersuku Melayu dan keturunan Tionghoa Hokkien dan Hakka.

Karena 20% dari total populasi di Bangka Belitung adalahetnis China, layak saja bila kita bakal menjumpai tidak sedikit kelenteng di Bangka Belitung yang masih dipakai sebagai lokasi ibadah. Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu, Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, dengan ibukotanya, Manggar.

Sebagian besar warga Pulau Belitung, khususnya yang bermukim di area pesisir pantai, paling akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut. Tak mencengangkan jika sekian banyak olahan makanan yang berbahan ikan menjadi makanan keseharian penduduknya.

Batuan Dan Pantai Pasir Putih
Bangka Belitung lazimnya menawarkan daya tarik wisata bahari dengan karakter unik, bebatuan granit yang khas dan permukaan pantai berpasir putih yang landai. Dengan hamparan ratusan pulaunya, pulau Belitung menawarkan sejumlah pulau dan pantai yang unik untuk dikunjungi. Inilah sebabnya potensi wisata bahari yang terdapat di distrik ini dapat menyuguhkan empiris wisata bahari yang berkesan, laksana snorkeling, diving, memancing, sampai berlayar.

Beberapa pantai yang mesti Sobat Pesona kunjungi ketika bertandang ke pulau Belitung diantaranya Pantai Tanjung Tinggi, yang adalahsalah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi, Pantai Tanjung Kelayang dengan ratusan batuan granit yang tersebar di laut maupun di pantai, pun Pulau Lengkuas dan pulau Burung yang mempunyai keunikannya masing-masing.

Mercu Suar Pulau Lengkuas
Jika hendak menikmati pemandangan cantik lautan luas bertabur batu granit dari ketingian, Sobat Pesona dapat mengunjungi Pulau Lengkuas. Di Pulau Lengkuas ada mercuar yang adalahpeninggalan Belanda. Mercusuar ini bermanfaat untuk menolong navigasi kapal laut guna menandai daerah-daerah yang berbahaya, seperti eksistensi karang dan wilayah laut yang dangkal.

Didirikan tahun 1882 dengan tinggi 50 meter, Mercusuar ini masih dipakai hingga ketika ini. Pengunjung diizinkan naik ke atas untuk menyaksikan pemandangan pantai. Pulau Lengkuas berada selama 4mil dari Pulau Belitung atau 40 menit dengan memakai kapal nelayan.

Wisata Religi
Berada di sekitar pantai Burung Mandi, ada suatu Vihara Kwan Im. Vihara ini paling terkenal di Belitung. Suasana di dekat klenteng ini begitu damai dan tenang dengan pemandangan bukit yang indah. Lokasi ini sesuai untuk yang hendak melakukan wisata religi di Belitung. Suasananya yang tenang dan teduh membuatnya sesuai dikunjungi pada masa-masa siang hari saat matahari sedang paling terik.

Di samping wisata pantai, Pulau Belitung pun mempunyai bukit tertinggi yang tidak jarang diselimuti kabut. Gunung ini adalahhutan lindung yang lebat. Di tengah hutannya ada Air Terjun Gurok Beraye dan empang renang alam. Namun, usahakan paling hati-hati berenang di sini, karena tidak sedikit lintah.

Baca Juga : Agent Travel Belitung, Wisata Murah Belitung

Di puncak Gunong Tajam ada makam Syekh Abubakar Abdullah, seorang ulama familiar asal Pasai yang menyebarkan Agama Islam di distrik Buding, Belitung, yang ketika tersebut masih berstatus Ngabehi. Untuk menjangkau puncak, terdapat dua jalur yakni jalur pejalan kaki untuk yang suka trekking, atau jalur kendaraan bermotor.

Museum Tanjungpandan
Musium Tanjungpandan terletak di tengah kota Tanjungpandan. Gedung ini adalahgedung peninggalan zaman Belanda dan masih terawat rapi sampai sekarang. Museum Tanjungpandan mempunyai sejumlah koleksi benda-benda seni dan kebiasaan masyarakat Belitung. Seperti tombak, keris, guci Cina, gerabah, meja Cina, perlengkapan dapur tradisional dan yang lainnya. Di sini pun ada miniatur Tambang Timah skala besar, dengan sekian banyak jenis bebatuan dan hasil tambang yang terdapat di Pulau Belitung.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply