Wisata Belitung

Tour Belitung Timur, Inilah Objek Wisata Yang Wajib Dikunjungi


Anda berencana guna liburan ke Belitung ?. Jangan lewatkan Tour ke Belitung Timur. Bagaimana teknik ke Belitung Timur. Apa saja yang unik di sana? Berikut kami sajikan sebanyak objek wisata belitung Timur yang amat sayang bila Anda lewatkan.

Anda barangkali sudah paham, bahwa Pulau Belitung (negeri laskar pelangi) terbagi menjadi 2 Kabupaten, yaitu kab Belitung dengan Tanjung Pandan sebagai pusat kotanya dan Kab Belitung Timur dengan kota Manggar sebagai pusatnya.

sumber : belitungtravelindo.com

Meski gerbang utama ke Belitung, baik bandara maupun pelabuhan penumpang ada di Kab belitung, Tanjung Pandan tetapi Belitung Timur pun wajib kamu kunjungi bila liburan ke Belitung.

Bagaimana teknik tour ke Belitung Timur ?
Untuk menikmati sekian banyak daya tarik wisata di kabupaten Belitung Timur, kamu bisa meluncur dari Bandara hanandjudin di Tanjung Pandan selama 1,5 jam perjalanan. kita usahakan memesan transportasi sebelum datang ke Belitung karena kamu akan kendala kalau bercita-cita pada kendaraan atau transportasi publik di pulau ini.

Untuk mengeksplore daya tarik Belitung Timur minimal siapkan masa-masa paling tidak satu hari. Meski tidak mesti menginap di sana, tetapi sangat disayangkan bila kunjungan kamu ke lokasi ini hanya dikuras dijalan.

Dari wilayah kecil berikut penulis kitab fenomenal Laskar pelangi, Andrea Hirata dilahirkan. Buku dan film terkenal tersebut pula yang lantas membuka mata dunia dan tidak sedikit pencinta traveling guna datang dan tercengang mengenai betapa mengagumkannya pulau mungil ini.

Apa Yang Menarik di Belitung Timur ?
Sepertinya kamu sudah tahu bila Belitung memang kaya bakal pantai. Banyak sekali pantai dengan panorama yang mengagumkan di Belitung. Begitu juga di Belitung Timur. Namun di samping pantai, Belitung menawarkan daya tarik lain yang ekslusif dan tak bisa kamu jumpai di lokasi lain.

Inilah Objek Wisata Belitung Timur yang Harus kita kunjungi :

Replika SD Laskar Pelangi & Rumah Keong
SD Laskar Pelangi yang ada ketika ini ialah hanya suatu replika dari SD Muhammadiyah yang ketika ini sudah berganti nama menjadi MTS Muhammadiyah yang letaknya tidak jauh dari replika ini. Bangunan yang di bangun diatas bekas pertambangan timah ini memiliki pesona tersendiri yakni pasir putih yang halus yang ada di dekat bangunan ini.

Pasir di dekat bangunan ini dipungut dari wilayah sekitar dan di tumpuk sampai-sampai menjadi bukit kecil lokasi berdirinya SD Laskar Pelangi. Saat ini peradaban pembangunan di dekat area wisata ini tampak jelas, dari yang dahulunya melulu semak belukar tetapi saat ini telah tidak sedikit berdiri bangunan penunjang laksana galeri rakyat laskar bianglala yang menampilkan ragam lukisan serta kerajinan khas Belitung. Selain tersebut juga ada warung – warung yang menjajakan minuman dan makanan untuk wisatawan.

Selain merasakan lapak tilas, ketika ini kamu juga dapat menikmati objek wisata baru disebelah SD Laskar Pelangi yakni Rumah Keong.

Dermaga Kirana, atau Rumah Rotan, atau biasa dikenal pun dengan Rumah Keong, merupakan tujuan wisata alam di wilayah Belitung Timur. Lokasinya berada diseberang Replika SD Muhammadiyah Gantong, di Desa Lenggang, Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur. Rumah Keong di bina diatas telaga yang dinamakan kolong oleh masyarakat Bangka Belitung. Kolong ialah kolam bekas penambangan timah. Destinasi ini memadukan arsitektur rotan dengan alam Desa Lenggang.

Pemandangan pegunungan yang estetis di kejauhan serta air telaga yang bening menyambut kedatangan semua wisatawan. Mereka yang berangjangsana ke tempat ini tidak bakal melewatkan waktu guna berfoto atau sebatas duduk di dekat dermaga sambil merasakan pemandangan air yang bening dan tanaman di bawahnya.

Rumah atau pondok berbentuk bulat serupa keong diciptakan dari anyaman rotan. Bangunan ini menjadi lokasi yang nyaman guna beristirahat dan berlindung dari sinar matahari. Lantai Rumah Keong atau Rumah Rotan tersebut sendiri tercipta dari papan, di bina kira-kira satu meter di atas tanah. Lantai ini sebenarnya ialah dermaga yang dibangun menyusun jalan zigzag. Dermaga dibangun sampai mencapai nyaris ke tengah danau.

So, kalau kamu ikut paket tour Belitung dan berangjangsana ke SD Laskar Pelangi maka tidak boleh lupa guna mampir pun ke Rumah Keong ini.

Kampoeng Ahok
Berdekatan dengan museum Kata Andrea Hirata, saya dan anda bisa mengunjungi kampoeng Ahok. Tidak terdapat nuansa politis kok di kampoeng Ahok ini. Kampoeng Ahok ini berupa lokasi tinggal panggung Belitung. Kita dapat memasukinya secara gratis. Bahkan tukang parkir juga tidak ada.

Di dalam lokasi tinggal panggung tersebut, layaknya sebuah lokasi tinggal ada kursi, meja, dan lemari. Beberapa dekorasi dinding ialah foto-foto dan karikatur Ahok. Berderet meja terdapat makanan khas Belitung, dari kue basah hingga kue kering dan keripik. Disini pun menjual sovenir kampoeng Ahok, laksana magnet kulkas, gantungan kunci, dan batik.

Museum Kata
Museum Kata Andrea Hirata adalahmuseum sastra kesatu di Indonesia yang didirikan oleh pengarang novel Laskar Pelangi itu. Lokasinya di Desa Gentong, Pulau Belitung yang tidak berjauhan dengan tempat SD Laskar Pelangi.

Museum ini dimulai setiap hari guna umum mulai pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB. Tujuan didirikan Museum Kata guna menginsiprasi generasi muda Indonesia khususnya yang terdapat di Belitung, supaya berani memiliki mimpi sesuai motivasi Laskar Pelangi.

Di museum ini ada lebih dari 200 literatur dari sekian banyak genre laksana literatur musik, film, anak, seni, sampai literatur arsitektur. Meski tidak sedikit memasukkan karya pengarang luar, kebijaksanaan lokal tidak luput dihadirkan di museum ini.

Dalam museum ini dapat dijumpai juga sekian banyak foto yang adalahpotongan-potongan adegan dalam film Laskar Pelangi. Di samping foto, terdapat sekian banyak buku, pernak pernik khas Belitung sampai ruang belajar guna anak umur dini. Di museum ini pun tersedia ruang guna berfoto untuk para pengunjung.

Warkop Manggar
Kota Manggar sudah diresmikan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sebagai Kota 1001 Warung Kopi. Bahkan pada tahun 2009, MURI (Museum Rekor Indonesia) mencatatkan Kota Manggar sebagai kota dengan rekor 17070 orang minum kopi bersama.

Menikmati Kopi Manggar menjadi keenakan tersendiri, keadaan santai dan ramah dari masing-masing pengunjung bisa menghilangkan rasa lelah dan bosan dari rutinitas sehari-hari.

Selalu ada tidak sedikit rasa dan kisah dari segelas kopi. Belum menyeluruh rasanya tour ke Belitung Timur bila tak mencicipi kesenangan dalam segelas kopi Manggar. Inilah yang menciptakan travel Belitung laksana kami pun memasukkan kegiatan ngopi-ngopi di Belitung kedalam paket wisata Belitung yang kami kreasikan guna Anda.

Pantai Serdang
Pantai Serdang atau disingkat Panser oleh warga setempat, terletak di tengah Kota Manggar dan dekat dengan pasar canggih Lipat Kajang. Dari Bandara H AS Hanandjoeddin jaraknya 80,5 km.

Dengan ciri khas pantai yang panjang berpasir putih lembut dan warna air laut yang beragam, mulai dari hijau muda hingga biru tua, menciptakan pantai ini paling indah. Ditambah lagi dengan adanya pohon pinus di sepanjang pantai yang menciptakan pantai ini teduh.

Terdapat warung-warung yang memasarkan makanan dan minuman khas wilayah dan pun pantai landai yang baik guna berenang dan snorkeling membuat tujuan wisata ini sangat sesuai untuk rekreasi keluarga. Kegiatan memancing pun dapat dilaksanakan karena pantai ini terletak dekat dengan muara yang menuju sebuah danau.

Pantai Nyiur Melambai
Pantai ini terletak di desa Lalang, Kecamatan Manggar dan berjarak 90 km dari Bandara H AS Hanandjoeddin. Garis pantai yang panjang menciptakan pengunjung leluasa melepas pandangan ke segala penjuru. Beberapa pohon pinus dan tidak sedikit pohon kelapa sepanjang pantai membuat estetis pantai ini.

Pasir pantai yang putih dan luas paling tepat guna rekreasi keluarga. Ada pula sejumlah perahu nelayan tradisional diparkir di satu sudut pantai. Pada ketika musim panas, pengunjung bisa memanjakan mata dengan memandang warna biru air laut yang paling indah.

Wisatawan pun dapat melakukan pembelian hasil karya warga setempat di galeri yang ada di pantai ini dan pun berwisata kuliner di tujuan wisata ini.

Nah, itulah sebanyak objek wisata unik untuk dikungi bila kamu ingin tour ke Belitung Timur. Bagi kamu yang memesan paket wisata Belitung dari kami kamu tak perlu cemas dan pusing karena nyaris semua objek wisata di atas telah tentu akan kamu nikmati.

Bahkan dalam paket tour Belitung private kamu bisa menambahkan sendiri objek wisata beda yang menurut kamu menarik namun belum terdapat dalam itinerary anda.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply