Wisata Belitung

Kunjungan Wisatawan ke Indonesia Terus Meningkat, Ini Penyebabnya


Sejak tahun 2013 lalu, trafik wisatawan ke Indonesia terus meningkat. Hal ini tampak dari naiknya penerimaan devisa negara dari sektor pariwisata. Tak sia-sia, berikut yang sudah dilaksanakan Indonesia dalam unik minat wisatawan.

Jumlah trafik wisatawan ke Indonesia tiap tahunnya terus merasakan peningkatan. Hal ini dapat disaksikan dari adanya lonjakan penerimaan devisa dari sektor pariwisata yang pun terus merasakan peningkatan tiap tahunnya. Berdasarkan keterangan dari Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pariwisata Indonesia terdaftar dari tahun 2013 lalu, devisa negara dari sektor pariwisata merasakan peningkatan tertinggi pada tahun 2017 sampai mampu menyentuh angka US$16,8 Milyar.

Tahun 2013 devisa dari trafik wisatawan ke Indonesia menjangkau angka US$10,05 M, kemudian tahun 2014 mengalami eskalasi menjadi US$11,17 M. Ditahun 2015 dari target yang diputuskan sebesar US$10,47, devisa dari sektor pariwisata malah melampui target dan menjangkau angka US$ 12,23 M.

Baca juga: Promo Paket Tour Belitung Terus Berlangsung, Sewa Mobil Belitung Diandalkan Traveling Low Budget, Wisata Belitung Timur Mulai Diminati


Kenaikan penerimaan devisa dari sektor pariwisata guna lebih lengkapnya dapat disaksikan melalui infografik berikut:

kunjungan wisatawan ke indonesia
Infografik penerimaan devisa negara dari trafik wisatawan ke Indonesia.

Dari data yang dipublikasi oleh Badan Pusat Statistik per Februari 2018, lima besar negara yang ketika ini menyumbang devisa terbanyak untuk sektor wisata Indonesia ialah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang menjangkau 214.427 kunjungan. Kemudian dibuntuti Malaysia sejumlah 205.855 kunjungan, Singapura 125.153 kunjungan, Timor Leste 123.777 kunjungan, dan India sejumlah 42.680 kunjungan.

Biaya wisata yang kompetitif menjadi salah satu dalil kunjungan wisatawan ke Indonesia terus meningkat, benarkah?
kunjungan wisatawan ke indonesia
Kunjungan wisatawan ke Indonesia meningkat, alasannya karena ongkos yang kompetitif. Sumber

Ternyata ongkos perjalanan yang terbilang murah dan lebih kompetitif dibanding tujuan teratas lain laksana Jepang, Jerman, Italia, ataupun Perancis memang menjadi salah satu dalil mengapa Indonesia lebih dipilih sebagai destinasi wisata.

Hal ini cocok dengan laporan yang diterbitkan oleh World Economic Forum, yang mengaku bahwa kelebihan utama Indonesia ialah dalam hal ongkos pariwisata yang tergolong paling kompetitif.

Sekarang ayo bandingkan, apa yang dapat didapatkan oleh wisatawan dengan duit 1 USD. Mungkin di negara lain laksana Singapura atau Jepang, duit 1 USD hanya dapat untuk melakukan pembelian air minum saja atau bahkan dapat saja kurang. Namun ketika berlibur di Indonesia, turis sangat tidak masih dapat mendapatkan seporsi nasi beserta lauk guna sekali santap dengan duit 1 USD tersebut.

Banyaknya rute penerbangan langsung pun menjadi salah satu hal pendukung meningkatnya trafik wisatawan ke Indonesia
kunjungan wisatawan ke indonesia
Kunjungan wisatawan ke Indonesia meningkat, di antara penyebabnya sebab makin tidak sedikit penerbangan langsung. Sumber

Saat ini wisatawan mancanegara terbanyak yang datang ke Indonesia ialah dari China. Salah satu urusan yang mendukungnya ialah makin tidak sedikit penerbangan langsung yang dimulai dari dan ke China. Beberapa maskapai memang mulai menyasar pasar ini laksana Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, Citilink, dan tidak sedikit lagi.

Garuda Indonesia yang adalahmaskapai premium misalnya, pada mula tahun 2018 ini membuka sejumlah rute baru yang terbang langsung ke Chengdu, Beijing, Guangzhou, Zhengzhou, Xi’an dan Shanghai. Dalam seminggu Garuda Indonesia bahkan dapat melayani minimal 63 penerbangan langsung ke China.

Sampai ketika ini Kementerian Pariwisata Indonesia mempunyai tiga program prioritas guna promosi wisata yakni Go Digital, Homestay Desa Wisata, dan Air Connectivity. Salah satu yang menjadi target utama sasaran Kemenpar ialah generasi millenial yang menyumbang angka tertinggi dalam pariwisata. Maka dari tersebut Go Digital menjadi strategi promosi yang masih diandalkan sampai kini.

Promosi Go Digital ini Kemenpar akan menyuruh para aktivis sosial media . Tujuannya guna terus menguatkan promosi wisata Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia melewati sosmed. Di mana sosial media berikut yang menjadi lokasi utama untuk para millenial untuk menggali informasi sampai merencanakan perjalanan mereka.

Di sisi beda Kemenpar pun terus menambah promosi offline di sekian banyak negara. Seperti misalnya sejumlah lalu KBRI Caracas memasang logo Wonderful Indonesia di kereta bawah tanah Venezuela. Tujuan pengamalan promosi ini yakni untuk memperkenalkan ragam kebiasaan dan lokasi pariwisata Indonesia untuk masyarakat Venezuela, terutama di Kota Caracas. Di samping itu, promosi pariwisata ini juga diinginkan mampu unik minat wisatawan asal Venezuela untuk berangjangsana ke Indonesia

Di peluang lain Indonesia pun aktif berpartisipasi dalam Wakayama Cycling Fiesta 2018 yang dilangsungkan di Jepang sejumlah waktu lalu. Atribut-atribut yang mencerminkan ikon pariwisata di Indonesia tampak meramaikan acara. Para peserta Wakayama Cycling Fiesta Indonesia mengenakan jersey ber-tagline Wonderful Indonesia menyeluruh dengan imaji Pulau Komodo dan Danau Toba. Ajang ini pun dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan mempromosikan wisata yang terdapat di Indonesia pada masyarakat Jepang.

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply