Wisata Belitung

Sebuah negeri tersembunyi mempunyai nama Negeri Laskar Pelangi

Tidak pernah terpikirkan sebelumnya bahwa negeri laskar bianglala dapat terkenal laksana sekarang, dulu negeri ini tidak tidak sedikit orang tahu tentang sekian banyak keindahan keindahannya. Seiring dengan melajunya popularitas novel sekaligus film karangan Andrea Hirata, secara tak langsung pun mendongkrak Negeri Laskar Pelangi menjadi destinasi pilihan bagi semua pelancong.

Belitung, atau Belitong (bahasa setempat) Pulau Belitong terbagi menjadi 2 kabupaten yakni Kabupaten Belitong, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitong Timur, beribukota Manggar. Sebagian besar penduduknya paling akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut. Berbagai olahan makanan yang berbahan ikan sebut saja gangan (makanan khas). Kekayaan laut menjadi di antara sumber mata pencaharian warga Belitong. Sumber daya alam yang tak kalah penting untuk kehidupan masyarakat Belitong ialah timah.

Baca Juga : Belitung Tour Menjadi Wisata Paling diminati Menjelang Liburan Akhir Tahun, Paket Tour Belitung Paling Murah, Wisata Belitung Journey Populer

Danau Kaolin
Belitong juga sempat menjadi surga pertambangan oleh semua penjajah Belanda yang mengerjakan pertambangan timah, tetapi lantas mereka mengejar kaolin, sejenis tanah liat hasil pelapukan batu granit yang dapat menjadi bahan penciptaan plastik, kertas, dan karet. Puluhan tahun kemudian, tempat pertambangan ini ditutup. Dan yang nggak disangka-sangka, lokasi ini menjadi sebuah telaga alami yang dipadati dengan air berwarna biru.

Cukup mengenaskan juga untuk saya lokasi ini yang dahulunya ialah bekas galian atau hasil pemerasan besar besaran yang dilaksanakan pemerintah wilayah belitong, namun lambat laun justeru menjadi suatu pilihan wisata dinegeri ini. Untuk saya ini ialah kehidupan kedua yang Tuhan berikan supaya selalu mengawal lingkungan negeri ini jangan melulu mementingkan kehidupan individu tanpa efek yang bakal terjadi nantinya.

“Yang tampak kering dan dingin dari jauh nyatanya menyimpan pijakan yang lunak, aliran air hangat dan langit yang membiru”.

  1. Pantai Tanjung Pendam

Tempat ini menurut keterangan dari saya ialah tempat terbaik untuk para pelancong dan penikmat sunset, didukung dengan cuaca tentunya. Bukan tidak barangkali pulau belitong nantinya bakal dapat menyaingi bahkan melalui pulau Bali dan Lombok bahkan dapat menjadi suatu tujuan utama untuk para pelancong.

  1. Pantai Tanjung Tinggi

Sebagai di antara pantai yang menjadi primadona negeri laskar bianglala dengan karakteristik pantainya yang mempunyai batu batu berukuran besar. Pasir putih yang lembut atau berenang di pantai yang tenang dan bersih, pun dapat melalui lorong-lorong batu batu granit raksasa ini serta mendaki batu-batu untuk menyaksikan pemandangan Tanjung Tinggi. Untuk saya pantai-pantai di Indonesia tidak jarang kali menjadi yang sangat mempesona.

Tantangannya sekarang melulu satu, bagaimana pemerintah dan masyarakat mengawal keindahannya, mempromosikan pariwisata, tanpa merusak alam dan kebijaksanaan lokal.

  1. Batu satam

Sebuah batu yang dijadikan suatu Landmark ditengah kota Tanjung Pandan karena melulu ada di negeri ini saja. Belitong familiar dengan Batu Satam, konon batu ini ialah hasil tabrakan meteor dan guna mendapatkan batu ini bukanlah urusan mudah sebab adanya di kedalaman 50 meter di bawah tanah, semua penambang timah di Pulau Belitung, batu ini hitam dan memiliki guratan yang khas. Istilah satam dipungut dari bahasa penduduk keturunan Cina yang sedang di Pulau Belitung. SA yang dengan kata lain pasir, sementara TAM dengan kata lain empedu. Jadi satam berarti empedu pasir.

  1. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang adalahsalah satu pintu gerbang atau pintu masuk mengarah ke pulau-pulau kecil yang ada di dekat Pulau Belitung laksana Pulau Lengkuas, Pulau Babi, Pulau Burung, Pulau pasir, Pulau kepayang dan lain-lain. Siapa pula yang tidak kenal dengan pulau lengkuas yang familiar dengan mercuasuarnya.

Salah satu urusan yang saya sukai dari Tanjung Kelayang ialah fungsinya sebagai pantai nelayan alias pantai yang memang untuk menggali nafkah, tidak saja pantai wisata. Tonggak-tonggak kayu tampak timbul salah satu hamparan birunya laut. Beberapa tonggak diikat tali yang pada ujungnya mengapung perahu kayu kecil. Banyak tonggak yang masih kosong, barangkali perahunya masih melaut.

  1. SD Muhammadiyah & Museum Andrea Hirata

Kedua tempat ini berlokasi di belitung unsur timur dan berdampingan Bangunan ini, kayunya telah lapuk, lumrah sih kan dari tahun 2008 dibuatnya dan diperbanyak lagi di masing-masing ruangannya yang melulu ada 2 itu tidak sedikit kumbang – kumbang yang melubangi kayu – kayu di bangunan ini. Salah satu kalimat yang tercantum pada sebuah perjalanan “Laskar Pelangi menandai jejak-jejak perjuangan edukasi anak-anak Indonesia” dan dilanjutkan “Jejak tersebut di mulai dijalan ini, jalan yang menjadi saksi bahwa anak-anak indonesia bukanlah anak yang gampang menyerah”

Museum yang dianggap sebagai museum literature kesatu di Indonesia. Museum ini didesain semenarik mungkin, dan menurut keterangan dari saya apapun yang terdapat di museum ini paling bagus guna dijadikan latar foto. Apalagi kalian semua penyuka sastra.

Sebagai penduduk negara indonesia, anda seharusnya berbangga mempunyai kekayaan alam yang membludak sebagai warisan perjuangan semua leluhur. Rasa bangga itu dapat anda ekspresikan dengan teknik mempertahankan dan mengawal kekayaan alam, supaya tidak bobrok dan dicopet olah orang yang tidak bertanggung jawab. Hal kecil tersebut barangkali dapat merubah indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi kedepannya, terutama dalam mengawal kelestarian keanekaragaman hayati. Seseorang belum layak disebutkan mencintai indonesia, andai masih apatis dengan kekayaan biodiversitas yang terdapat di negeri ini. Terima kasih Belitong atas keindahan yang anda miliki sekali lagi terima kasih. Saya bangga menjadi penduduk Indonesia dengan Sejuta Kekayaan, Sejuta Keanekaragaman yang dimilikinya (suku, adat, bahasa), saya bangga menjadi unsur dari Indonesia. Saya Bangga !

Previous Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply