Belitung Tour, Wisata Belitung

Ingin Menikmati Wisata Sejarah dan Budaya di Belitung? Inilah Tipsnya!

Sejak diluncurkannya film box office Indonesia Laskar Pelangi di tahun 2008, nama Belitung mulai menjadi sorotan oleh publik, terutama semua wisatawan. Meskipun tidak sepopuler Bali atau Lombok, pulau yang masuk ke dalam provinsi Bangka Belitung ini menghadirkan keindahan bentang alam yang menakjubkan. Belitung pun menjadi saksi puncak kejayaan pertambangan timah di Indonesia.

Selain keelokan pantai-pantainya, ada sejumlah destinasi wisata di Belitung yang pantas untuk dikunjungi. Atraksi-atraksi ini menghadirkan bagian sejarah dan kebiasaan yang bakal memperkaya pengetahuan dan menyerahkan pengalaman berlibur yang mengesankan. Berikut ialah ulasannya!

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas adalahsalah satu destinasi wisata di Belitung yang mengedepankan daya tarik pantai pasir putih, keindahan biota bawah laut, dan rangkaian batu-batu granit yang mengesankan. Pulau ini dapat dicapai dalam waktu selama 20 menit memakai perahu bermotor dari Pantai Tanjung Kelayang.

Salah satu primadona pulau ini ialah mercusuar putih yang di bina pada tahun 1882. Bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda ini masih dipakai untuk menata lalu lintas air. Dari puncak menara, Anda dapat melihat daya tarik laut dan pulau-pulau eksotis yang ada di dekat Pulau Lengkuas.

Danau Kaolin

Berjarak lumayan dekat dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, Danau Kaolin adalah objek wisata di Belitung yang memadukan kemegahan alam dengan sejarah pertambangan di Belitung. Danau yang adalahlubang galian raksasa bekas pertambangan kaolin disinggung sebagai “Kawah Putih” Belitung.

Ciri khas dari telaga ini ialah airnya yang berwarna biru terang. Hamparan pasir putih yang mengelilingi telaga menciptakan semacam gradasi mempesona yang bakal memanjakan mata. Pesonanya yang tidak ditemukan di tempat-tempat beda menjadikan Danau Kaolin sebagai objek wisata di Belitung yang sayang guna dilewatkan.

Museum Badau

Bertempat di Kecamatan Badau, Museum Badau memperlihatkan artefak-artefak bersejarah peninggalan Kerajaan Badau yang pernah berkuasa di Belitung. Dari pusat kota Tanjungpandan, museum bergaya Melayu ini dapat ditempuh dalam waktu selama 25 menit.

Di Museum Badau, Anda dapat melihat benda-benda antik laksana keris, pedang, gong, sampai alat musik. Salah satu artefak urgen di museum ini ialah Tombak Berambu. Menurut keyakinan masyarakat setempat, sepasang tombak itu akan mengelilingi wilayah Badau di malam hari untuk mengayomi para warganya.

Rumah Adat Belitung

Rumah Adat Belitung adalahatraksi wisata kebiasaan yang sedang di jalan Gajah Mada, Tanjungpandan. Berjarak selama 20 menit dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, lokasi tinggal panggung kayu ini berdampingan dengan Kantor Bupati Belitung dan menjadi kehormatan hati warga Belitung.

Di dalam lokasi tinggal ini, Anda dapat mempelajari kebiasaan tradisional Belitung dan melihat sejumlah benda laksana baju adat Belitung, lokasi tidur, lemari antik, perangkat musik, perangkat pernikahan, sampai foto-foto bersejarah. Di samping itu, teras depan yang lumayan luas bisa menjadi lokasi yang tepat guna duduk dan bersantai sambil merasakan suasana yang tenang dan nyaman.

Vihara Dewi Kwan Im

Berdiri megah di Desa Burung Mandi, Belitung Timur, Vihara Dewi Kwan Im ialah tempat ibadah dan objek wisata di Belitung yang menggambarkan pesona kebiasaan Tionghoa. Dibangun pada tahun 1747, vihara ini adalahvihara terbesar dan tertua di Pulau Belitung. Vihara ini pun terkenal oleh Patung Dewi Kwan Im setinggi 12 meter yang megah.

Baca Juga : Belitung Tour – Paket Wisata Belitung Murah 2020

Kompleks vihara ini mempunyai tiga ruang sembahyang, dengan ruang Kon Im yang menjadi ruang sembahyang terbesar. Untuk menjangkau ketiga ruang tersebut, Anda butuh menapaki selama 86 buah anak tangga. Dikelilingi oleh bentang alam yang menakjubkan, Anda dapat melihat panorama Gunung Burung Mandi yang sedang di belakang vihara.

Itulah pilihan tujuan wisata di Belitung yang menghadirkan petualangan sejarah dan budaya. Keunikan yang muncul di masing-masing tempat akan mengecat momen liburan Anda. Jangan lupa guna mempersiapkan asuransi perjalanan dari Travel Safe ACA. Layanan asuransi yang sudah beroperasi semenjak tahun 2009 ini akan menyerahkan perlindungan keselamatan dan kenyamanan sekitar Anda berlibur.

Previous Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply